Rancang Bangun Panel Akustik Sampah Kertas Pada Frekuensi Rendah Dan Frekuensi Tinggi

Kebutuhan akan rumah tinggal yang nyaman sudah menjadi tuntutan hidup dewasa ini. Salah satu parameter kenyaman rumah tinggal adalah system akustik ruangan yang merupakan bagian penting dalam desain rumah tinggal. Salah satu ketidaknyamanan yang sering di rasakan ketika sedang berada dalam suatu ruangn misalnya ruang bioskop, studio musik, dan ruang perkuliahan adalah dengungan suara. Hal ini disebabkan oleh konstruksi ruang yang tidak memenuhi persyaratan akustik yang berkaitan dengan: pemantulan suara, penyerapan suara, waktu dengung dan sebagainya. Penggunaan bahan penyerap suara merupakan suatu cara untuk mendapatkan suatu kondisi akustik yang baik. Pemilihan bahan penyerap suara tergantung kepada desain ruang dan kualitas suara yang diinginkan karena tidak setiap ruang yang dirancang memiliki fungsi yang sama .
Disisi lain,  sampah kertas sebagai sampah organik pemanfaatnya dewasa ini masih sangat minim, dengan nilai ekonomis yang masih rendah. Masalah lingkungan yang juga dirasakan semakin mengganggu adalah sampah, khususnya juga dilingkungan perkotaan. Selama ini sebagian besar usaha yang dilakukan dalam penangan sampah kota di Indonesia adalah bagaimana cara membuang sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir (Himawan, 2007).
Berkait dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah bahan yang mampu mereduksi bising ruangan. Maka riset ini merupakan upaya terencana dalam penyediaan bahan reduksi bising berupa panel akustik sehingga mampu menghasilkan produk unggulan nasional yang bersifat time to market. Produk ini merupakan solusi yang bersifat komprehensif karena bahan yang digunakan adalah sampah kertas yang cenderung menimbulkan masalah lingkungan. Penguasaan teknologi dalam bidang akustik akan mampu merubah  sampah kertas yang tadinya sebagai barang buangan, menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi.